get app
inews
Aa Read Next : Disebut Pungli Sertifikat Kelulusan Siswa PAUD, Beni Chandra: Fitnah yang Sangat Keji

Inovatif! Relawan Ganjar-Mahfud di Lampung Ajak Warga Menjaga Pelestarian Lingkungan

Kamis, 09 November 2023 | 16:34 WIB
header img
Relawan pasangan capres dan cawapres Ganjar-Mahfud yang tergabung dalam Komunitas Nelayan Pesisir (KNP) Lampung berpartisipasi dalam upaya pelestarian lingkungan dengan melakukan penanaman pohon mangrove di pantai Sebalang. Foto: SINDOnews

LAMPUNG SELATAN, iNewsLamsel.id -  Relawan pasangan capres dan cawapres Ganjar-Mahfud yang tergabung dalam Komunitas Nelayan Pesisir (KNP) Lampung baru-baru  ni menggerakkan warga Desa Sebalang di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, untuk berpartisipasi dalam upaya pelestarian lingkungan dengan melakukan penanaman pohon mangrove di pantai Sebalang. 

Miftahul Lutvi, selaku Koordinator Wilayah KNP Lampung, menjelaskan bahwa kegiatan penanaman pohon mangrove ini merupakan wujud kepedulian KNP Lampung terhadap ekosistem di Desa Sebalang.

“Itu adalah bentuk kepedulian kami terhadap ekosistem laut, atau peduli lingkungan yang diimplementasikan dengan cara penanaman pohon mangrove secara bersama dengan warga-warga di Desa Sebalang,” kata Lutvi setelah selesai kegiatan penanaman pohon mangrove, Rabu (8/11/2023).

Selain menjadi ekspresi perhatian terhadap menjaga pelestarian lingkungan ekosistem laut, penanaman pohon mangrove yang dilakukan oleh relawan Ganjar-Mahfud ini juga dianggap sebagai langkah preventif untuk melawan abrasi di pantai sekitar wilayah tersebut. Abrasi adalah proses alam yang merusak lahan di daerah pesisir pantai akibat erosi oleh ombak dan arus laut.

“Jadi memang penanaman pohon mangrove ini kami nilai sebagai salah satu bentuk solusi konkret untuk penanggulangan bencana tersebut seperti abrasi contohnya,” sambung koordinator KNP Lampung itu.

Fitriyansyah, seorang nelayan dan warga Desa Sebalang, mendukung inisiatif penanaman mangrove ini dan menganggapnya sebagai solusi efektif untuk melindungi pantai dari abrasi laut dan ombak besar. Dia berharap para relawan dari Ganjar-Mahfud dapat terus melanjutkan upaya positif pelestarian lingkungan yang tentu memberikan manfaat nyata bagi masyarakat.

“Kalau menurut saya sebagai warga pesisir dan seorang nelayan ya Alhamdulillah ini program yang bagus menanam pohon mangrove untuk menahan abrasi air laut pasang dan ombak besar,” kata Fitriyansyah.

“Harapan saya sih sebagai Nelayan seharusnya jangan sampai di sini saja (pelestarian lingkungan) dan seterusnya dilanjutkan saja karena wilayahnya di pesisir,” sambung nelayan itu.

Sementara itu, Ida yang juga merupakan warga Desa Sebalang, juga merasa sangat senang karena bisa ikut serta dalam kegiatan penanaman mangrove yang diselenggarakan oleh KNP Lampung. Dia berharap agar kegiatan semacam ini dapat berlanjut dan terus mendukung kesadaran lingkungan di wilayah pesisir.

“Senang banget karena kita bisa ikut untuk menanam pohon mangrove dan peduli dengan pelestarian lingkungan. Semoga kegiatan ini jangan sampai di sini aja,” ucap Ida.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut