Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II Hari Ini, Akan Dimakamkan di Samping Pusara Suami dan Adik

Umaya Khusniah
.
Senin, 19 September 2022 | 14:26 WIB
Prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II. (Foto: Istimewa).

LONDON, iNewsLamsel.id - Prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II akan berlangsung hari ini Senin (19/9/2022). Seluruh rakyat Inggris dan dunia bisa menyaksikan lewat siaran langsung yang ditayangkan di beberapa stasiun TV.

Diketahui, Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada Kamis (8/9/2022). Butuh waktu selama seminggu lebih sebelum ratu Inggris itu dimakamkan.

Kini, prosesi pemakaman Ratu yang berusia 96 tahun tersebut akan dimulai pukul 11.00 waktu setempat. Hal itu telah dinyatakan oleh Kerajaan Inggris dalam situs resminya.

"Pemakaman Negara Yang Mulia Ratu akan berlangsung di Westminster Abbey pada hari Senin, 19 September, pukul 11.00," tulisnya. 

Pemakaman Ratu Elizabeth II ini pun harus melalui serangkaian prosesi. Pada pagi hari sekira pukul 06:30 waktu setempat, periode pembaringan resmi jenazah Sang Ratu berakhir.

Sebelumnya, selama empat hari, ratusan ribu orang mengantre di Westminster Hall, London untuk melihat peti mati ratu yang paling lama memerintah Inggris itu.   


Penasaran Mobil Pembawa Jenazah Ratu Elizabeth II, Yuk Intip Spesifikasinya (Foto: Okezone)

Dari Westminster Hall, peti mati akan dibawa ke Westminster Abbey menggunakan kereta. Sementara Raja dan keluarga kerajaan akan berjalan kaki mengikuti di belakang kereta.

Setiba di Gerbang Barat Westminster Abbey, peti dibawa ke biara untuk Ibadah Pemakaman Kenegaraan. Ibadah ini dipimpin oleh Dekan Westminster dan dihadiri kepala negara dan pemerintah asing, gubernur jenderal, dan perdana menteri kerajaan.

Selain itu, ada pula perwakilan Alam Persemakmuran, termasuk penerima Victoria Cross dan George Cross. Anggota parlemen, perwakilan gereja, dan tokoh publik lain.

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini