get app
inews
Aa Read Next : Sekda Lampung Selatan, Thamrin, Ramaikan Bursa Calon Bupati di Pilkada Mendatang

Wacana Jadwal Pilkada Serentak 2024 Dipercepat, Ini Kata Zulkifli Anwar

Jum'at, 02 September 2022 | 08:16 WIB
header img
Anggota DPR RI, Zulkifli Anwar pada acara sosialisasi dan pendidikan pemilih Pemilu Serentak tahun 2024 di Grand Elty Krakatoa.(Foto/ Heri/ iNews.id)

LAMPUNG SELATAN, iNewsLamsel.id -Wacana masih bisa berubahnya jadwal pemungutan suara pada Pilkada Serentak tahun 2024 mendatang, menuai tanggapan dari anggota DPR MPR RI asal Lampung, Zulkifli Anwar.

"Bukan maju mundur, kalau tetapnya (jadwal) untuk Pilpres dan Pileg tetap 14 Februari 2024 dan Pilkadanya 27 November 2024," ujarnya ketika diwawancara usai mengikuti sosialisasi dan pendidikan pemilih Pemilu Serentak tahun 2024 di Grand Elty Krakatoa, Kamis (1/9/2022).

Isu majunya jadwal Pilkada serentak, rupanya dilontarkan sendiri oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Jika merujuk pada UU Nomor 10 Tahun 2016 Pasal 101, dijadwalkan pada November 2024. "Ada tawaran permintaan dari KPU Pusat dimajukan September, tapi itu kan namanya permintaan. Nanti kan dibahas di Komisi 2 DPR RI," ujar mantan Bupati Lampung Selatan dua periode itu.

Zulkifli beralasan, mekanisme perubahan jadwal Pemilu tak serta merta dirubah begitu saja melainkan harus melibatkan unsur lembaga lainnya dalam pembahasannya.

"Karena itu kan sudah terjadwal, berarti dijadwal dan dibahas kembali dengan Pemerintah, DPR dan penyelenggara. Penyelenggara itu ya KPU, Bawaslu termasuk DKPP sebagai pengawas," imbuhnya lagi. Disinggung acara sosialisasi dan pendidikan Pemilu Serentak pada hari ini, Zulkifli menyebut dalam rangka mewujudkan Pemilu yang berkualitas. "Agar Pemilu yang akan datang berkualitas. Bukan berarti tidak berkualitas, tapi bertambah kualitasnya dan acara sosialisasi ini agar partisipasi Pemilu itu meningkat," selorohnya.

Targetnya, partisipan pada 2024 mendatang bisa meningkat khususnya di Kabupaten Lampung Selatan. "Tadi disebutkan, diharapkan 80 persen. Tadi disampaikan oleh Ketua KPUD Kabupaten Lampung Selatan, jadi yang akan datang lebih meningkat," kata Zulkifli.

Editor : Heri Fulistiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut