Logo Network
Network

Kabupaten Lampung Selatan Raih 2 Penghargaan Tertinggi dari Pemerintah

Teguh Handika
.
Rabu, 06 Juli 2022 | 21:19 WIB
Kabupaten Lampung Selatan Raih 2 Penghargaan Tertinggi dari Pemerintah
Bupati Lampung Selatan dan Bunda Winarni bersama Rikawati berfoto bersama usai menerima penghargaan dari Pemerintah. Foto: Diskominfo Lamsel

LAMPUNG SELATAN, iNews.id -- Pemerintah pusat memberikan penghargaan tertinggi kepada pemerintah daerah atas dedikasi terhadap program Keluarga Berencana (KB) dan kesejahteraan keluarga, di Hotel Santika Dyandra, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara, Rabu (6/7/2022).

Melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Bupati Lampung Selatan H Nanang Ermanto menerima penghargaan Manggala Karya Kencana.

Secara bersamaan, Ketua Tim Penggerak PKK Hj Winarni Nanang Ermanto juga menerima penghargaan Dharma Karya Kencana.

Penyematkan penghargaan dilakukan langsung oleh Kepala BKKBN, Dr (H.C) dr Hasto Wardoyo, Sp.OG(K). Penghargaan diberikan dalam rangka peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke-29 Tahun 2022.

Hasto Wardoyo mengungkapkan, mayoritas kualitas sumber daya manusia (SDM) di Indonesia dipengaruhi oleh stunting. Yakni, proses gagal tumbuh yang terjadi pada anak.

Hal ini, berdampak pada kualitas dari generasi bangsa kedepannya juga tingkat perekonomian suatu wilayah.

“Saya sampaikan, bahwa generasi muda 24,4 persen stunting, kemudian yang 9,8 persen mental emotional disorder, 5 persen napza, 1 persen autisme, 3 persen difabel. Sehingga, generasi kita yang kurang optimal itu sudah hampir 40 persen sendiri, bahkan lebih,” bebernya.

Sementara, untuk mencapai bonus demografi maka seluruh unsur pemerintah harus bersinergi membangun mental, kesehatan, pendidikan serta sosial guna mempersiapkan strategi pembentukan SDM yang unggul.

“Ketika generasi mudanya tidak produktif maka window opportunity, bonus demografi akan menutup di tahun 2035, kita kemudian belum sempat sejahtera. Oleh karena itu, inilah pentingnya investasi selain yang keliatan fisik, maka investasi yang tidak kelihatan adalah kualitas SDM,” singkat Hasto Wardoyo.

Senada, Kepala Dinas Dalduk KB Lampung Selatan, Rikawati menyambut baik penghargaan yang diterima oleh Bupati Nanang Ermanto dan Bunda Winarni.

“Penghargaan ini, diberikan dalam rangka pemerintah fokus dalam mendukung program pada bidang kependudukan KB. Untuk mendapatkan penghargaan itu, progres MKJP-nya sudah sesuai dengan harapan pemerintah pusat. Dengan program pelaksanaan KB-nya juga sudah tepat sasaran,” ungkapnya.

Meski bersamaan, penghargaan untuk Bupati Nanang Ermanto dan Bunda Winarni memiliki karakteristik yang jelas berbeda.

“Sama dengan punya pak Bupati, dukungan dari PKK dalam rangka untuk meningkatkan program program kencana di Pemerintah Daerah. Cuma, satunya fokus untuk pak Bupati dari Pemerintah Daerahnya, satunya lagi dari Ketua Tim Penggerak PKK,” rinci mantan Camat Palas di penghujung.

Editor : Heri Fulistiawan

Follow Berita iNews Lamsel di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.