Haul Pahlawan Nasional ke 166, Nanang Ermanto Ziarah dan Tabur Bunga di Makam Raden Intan II

Heri Fulistiawan
.
Rabu, 05 Oktober 2022 | 23:53 WIB
Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto dan Ketua Tim Penggerak PKK Lampung Selatan Winarni Nanang Ermanto, sedang melakukan tabur bunga diatas pusara makam Pahlawan Nasional Raden Intan II di Desa Gedungharta, Kecamatan Penengahan, Lampung Selatan, Rabu(5/10/2022).(Foto: istimewa/ Diskominfo Lamsel)

LAMPUNG SELATAN, iNewsLamsel.id -Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto melakukan ziarah ke Makam Pahlawan Nasional Raden Intan II, di Desa Gedungharta, Kecamatan Penengahan, Rabu (5/10/2022).

Kegiatan ziarah tersebut bertujuan untuk mendoakan serta sebagai bentuk refleksi, penghormatan terhadap perjuangan dan pengorbanan yang telah dilakukan pahlawan kebanggaan Lampung Selatan Raden Intan II.

Selain itu, Haul Pahlawan Nasional tersebut dalam rangka mengenang dan memperingati gugurnya pahlawan nasional Raden Intan II ke-166 pada tahun 2022.

Prosesi ziarah diawali dengan laporan oleh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Heri Bastian, dilanjutkan dengan doa bersama kemudian dilanjutkan dengan prosesi tabur bunga di pusara Makam Pahlawan Raden Intan II.

Menurut Nanang Ermanto, Haul Pahlawan Nasional Raden Intan II merupakan agenda tahunan yang menjadi sebuah momen untuk mengenang perjuangan dan jasa-jasa pahlawan yang gugur membela tanah air guna mengusir penjajah dari tanah Lampung pada 5 Oktober 1856 lalu.

Ia menambahkan, kunjungannya tersebut juga sebagai upaya untuk menghidupkan kultur budaya yang ada di daerah setempat.

Ia berpesan, kepada generasi muda untuk meneladani sikap kegigihan pahlawan asal Penengahan Lampung Selatan itu serta tak melupakan sejarah dengan selalu mengingat akan jasa-jasa pahlawan.

Editor : Heri Fulistiawan

Follow Berita iNews Lamsel di Google News

Bagikan Artikel Ini