Logo Network
Network

Bus KPK Jadi Salah Satu Strategi dan Kampanye Edukatif Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi

Heri Fulistiawan
.
Selasa, 27 September 2022 | 16:35 WIB
Bus KPK Jadi Salah Satu Strategi dan Kampanye Edukatif Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi
Kepala Sekretariat Deputi Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK Guntur Kusmeiyano, saat memberikan sambutan saat pembukaan Roadshow Bus KPK Tahun 2022 di aula Rajabasa, Pemkab Lamsel, Selasa(27/9/2022).(Foto: Heri/ iNews.id)

LAMPUNG SELATAN, iNewsLamsel.id - Road show bus KPK menjadi salah satu strategi dan kampanye edukatif tentang pencegahan dan pemberantasan korupsi sekaligus membangun budaya antikorupsi di Lampung Selatan.

“Saya mendukung terselenggaranya road show bus KPK di Lampung Selatan,” ucap Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto pada pembukaan kegiatan road show bus Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) 2022 “Jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi” di Lampung Selatan, Selasa (27/9/2022).

Dia berharap kehadiran bus KPK langsung ke tengah-tengah masyarakat, dapat memberikan edukasi antikorupsi dan nilai-nilai integritas dengan cara yang menarik dan menyenangkan serta dapat menumbuhkan kesadaran bagi seluruh ASN agar tidak terjebak di dalam perbuatan korupsi pada saat mengelola anggaran di instansinya masing-masing.

“Dengan adanya Roadshow Bus KPK Tahun 2022 ini, diharapkan akan membangun sinergitas dan kaloborasi dengan pemerintah Lampung Selatan dalam berbagai program-program KPK, sehingga isu-isu pemberantasan korupsi dapat benar-benar hadir secara nyata ditengah-tengah masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Sekretariat Deputi Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK, Guntur Kusmeiyano mengatakan, kegiatan road show bus KPK ini merupakan upaya pemberantasan korupsi melalui bidang pendidikan dengan melakukan pendekatan menggunakan media edukasi.

Dengan cara ini diharapkan dapat membuat seseorang yang ingin melakukan korupsi dapat teratasi. “KPK sendiri menyebutnya Tri Sula atau 3 strategi pencegahan korupsi yakni melalui media pendidikan, pencegahan dan terakhir penindakan,” ucapnya.

Oleh karenanya, Guntur Kusmeiyano mengajak seluruh jajaran Pemkab Lampung Selatan untuk bersama mendoktrin dalam membentuk generasi penerus di masa yang akan datang melalui dunia pendidikan di Indonesia untuk menjadi garda terdepan pembentukan karakter integritas tersebut.

“Pendidikan karakter, disiplin, kerja keras, jujur, dan berintegritas itu yang harus ditanamkan ke anak-anak kita. Saya yakin kalau itu terjadi, maka kita bisa keluar dari negara yang tingkat korupsinya tinggi. Kita ingin masyarakat kita cerdas dan kesejahteraan meningkat,” ajaknya.

Dia juga berharap dengan seluruh rangkaian kegiatan Roadshow Bus KPK selama 2 hari di Kabupaten Lampung Selatan dapat memberikan keberlanjutan edukasi antikorupsi untuk seluruh masyarakat.

“Saya titipkan kepada Pak Bupati dan seluruh Forkopimda serta camat dan kepala desa agar Lampung Selatan menjadi lebih lebih baik. Selamat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan bs KPK semoga Bapak, Ibu serta masyarakat dapat mengambil banyak manfaat dalam kegiatan ini,” pungkasnya.

Editor : Heri Fulistiawan

Follow Berita iNews Lamsel di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.