Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta Dicopot, Dimutasi Jadi Sahli Sosbud Polri

Heri Fulistiawan
Ilustrasi

JAKARTA, iNewsLamsel.id - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mencopot Irjen Nico Afinta dari jabatannya sebagai Kapolda Jawa Timur (Jatim). Mantan Kapolda Jatim itu dimutasi jadi Staf Ahli Kapolri Bidang Sosial Budaya (Sahli Sosbud).

Mutasi Irjen Nico tertuang dalam Surat Telegram Kapolri dengan Nomor: ST/2134/X/KEP/2022 yang diterbitkan Senin, tanggal 10 Oktober.

Jabatan Kapolda Jatim kini diemban Irjen Teddy Minahasa yang sebelumnya menjabat Kapolda Sumatera Barat.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, mutasi jabatan di tubuh Polri merupakan hal alamiah untuk penyegaran organisasi. "Ya betul tour of duty and tour area, mutasi adalah hal yang alamiah dalam organisasi dalam rangka promosi dan meningkatkan kinerja organisasi," kata Dedi saat dikonfirmasi MPI, Senin (10/10/2022).

Selain Irjen Nico, Kapolri memutasi empat Pati Polri lainnya, yakni Irjen Pol Teddy Minahasa Putra dari jabatan Kapolda Sumatera Barat menjadi Kapolda Jawa Timur. Kemudian, posisi Kapolda Sumatera Barat diisi oleh Irjen Pol Rusdi Hartono yang sebelumnya menjabat sebagai Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri.

Irjen Rusdi Hartono juga pernah menjabat sebagai Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri. Kapolri juga memutasi Direktur Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri Brigjen Pol Asep Edi Suheri sebagai Wakil Kabareskrim Polri.

Lalu, memutasi Kombes Pol Adi Vivid Agustiadi yang sebelumnya penugasan sebagai ajudan presiden, diangkat dalam jabatan sebagai Dittipidsiber Bareskrim Polri.

Posisi Kapolda Sumbar akan diisi oleh Irjen Rusdi Hartono. Sedangkan, Irjen Nico Afinta akan dimutasi menjadi Sahlisosbud Kapolri. Di sisi lain, Kapolri juga merotasi Dir Tipid Siber Bareskrim Polri Brigjen Asep Edi Suheri. Dia akan dipromosi menjadi Wakabareskrim yang merupakan jabatan Irjen.

Sedangkan, posisi Dir Tipid Siber Bareskrim Polri akan dijabat Kombes Adi Vivid Agustiadi Bachtiar. Sebelumnya, desakan agar Kapolda Jatim dicopot disuarakan sejumlah elemen. Salah satunya Aremania Kota Batu.

Mereka meminta Kapolda Jawa Timur dicopot dari jabatannya buntut tragedi Kanjuruhan Malang. Sebelumnya, Mabes Polri telah mencopot Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat.

Aremania Kota Batu, Dadang Indarto mengatakan, seharusnya Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta juga turut dicopot dan diperiksa selaku pimpinan tertinggi di Jawa Timur.

Harapan kami pimpinan harus bertanggung jawab. Harapan kami dan doa kami, kapolda yang diperiksa Propam Polri segera ada kejelasan dan dicopot, diberi sanksi," ucap Dadang dikonfirmasi, Selasa (4/10/2022).

Selain itu, puluhan mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya juga mendesak agar Irjen Pol Nico Afinta dicopot.

Editor : Heri Fulistiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network