get app
inews
Aa Read Next : Kementrian BUMN Dukung PWI Gelar UKW Gratis di Lampung

GRANAT, PWI dan BNN Provinsi Lampung Kolaborasi Akselerasi War On Drugs

Rabu, 15 November 2023 | 20:34 WIB
header img
Ketua PWI Provinsi Lampung bersama Ketua GRANAT Provinsi Lampung (Foto: Yogi/iNews.id)

Lampung, iNewsLamsel.id - Dalam rangka kolaborasi untuk Akselerasi War On Drugs, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerakan Nasional Anti Narkotika (GRANAT) Provinsi Lampung bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Lampung melakukan kunjungan silaturahmi ke Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Lampung pada Rabu, (25/11/2023) di balai wartawan H Solfian Ahmad.

Terlihat kedatangan pengurus DPD GRANAT Provinsi Lampung dan BNN Provinsi Lampung itu disambut hangat oleh Ketua PWI Provinsi Lampung Wirahadikusumah beserta jajaran pengurusnya.

Dalam kunjungan Ketua GRANAT Provinsi Lampung Tony Eka Candra kali ini didanpingi oleh Sekretarisnya Agus Bhakti Nugroho, Dewan Pakar DPD GRANAT Provinsi Lampung Bey Sujarwo dan Dewan Penasehat DPD GRANAT Provinsi Lampung Riza Mirhadi.

Sementara dari pihak BNN tampak hadir Edi Marjoni, Ketua Tim Kerja Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) BNN Provinsi Lampung, beserta Jajaran Pengurus DPD GRANAT Provinsi Lampung lannya diataranya, Prof. Dr. Novita Tresiana, M.Si, Drs. Rusfian Effendi, M.IP, Alfian Suni, SH.,MH, Yulia Yusniar, SH.,MH, Adrina Yustitia, SE.,MM, Ust. H. Sofian, S.Ag, Kardinata, S.Sos.,MM, Caesar Kurniawan, SH.,MH.

Dalam sambutannya, Ketua PWI Provinsi Lampung Wirahadikusumah mengutarakan rasa bangganya karena dikunjungi oleh jajaran DPD GRANAT dan BNN Provinsi Lampung yang mana GRANAT adalah satu-satunya Ormas yang diakui oleh PBB.

“Kami bangga sekali dikunjungi GRANAT dan BNN Provinsi Lampung, terlebih PWI diajak berkolaborasi Akselerasi War On Drugs dalam upaya percepatan dan penguatan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN). Insya Allah rencana kerjasama dalam bentuk MOU dengan GRANAT dan BNN saya sangat setuju dan akan kami tindaklanjuti dalam waktu dekat,” kata Wira.

Lanjut, Wira sangat menyadari bahwa perlu semua pihak turut serta dalam memerangi Narkoba. "PWI Provinsi Lampung siap berperan aktif serta segera menindaklanjuti kerjasama yang diinisiasi dan dirumuskan oleh GRANAT Lampung dalam upaya percepatan penguatan P4GN,” imbuhnya.

Ketua DPD GRANAT Provinsi Lampung Tony Eka Candra juga mengungkapkan rasa syukurnya bisa bersilaturahmi dengan jajaran pengurus PWI Provinsi Lampung.

“Pertemuan ini bukan hanya sekedar silaturahmi tetapi kami juga membawa misi dalam uapaya percepatan penguatan P4GN, sehingga kami sangat berharap PWI Lampung bisa ikut berperan aktif dalam agenda besar tersebut,” kata Tony.

Lalu, kata Tony, "PWI adalah Organisasi Pers tertua yang anggotanya terbanyak di Indonesia, sehingga menurutnya jika PWI ikut berperan serta secara aktif untuk bersama berada di garda terdepan berkolaborasi pastinya akan memberikan energi tersendiri yang positif dalam Akselerasi War On Drugs," tegas Tony yang juga menjabat sebagai Ketua PD VIII KB FKPPI Provinsi Lampung.

Ia memaparkan bahwa sampai saat ini, kelembagaan GRANAT sudah terbentuk di Seluruh Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.

Kemudian untuk di Provinsi Lampung sendiri sudah terbentuk DPC GRANAT di 15 Kabupaten/Kota, DPAC GRANAT Kecamatan, DPACK GRANAT Perguruan Tinggi, sampai ke Ranting GRANAT Tingkat Kelurahan/Desa se-Provinsi Lampung.

Hal itu, dapat mempermudah dalam upaya pencegahan sekaligus mensosialisasikan ancaman bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba kepada masyarakat.

“Kami memiliki Program Mandiri, Partisipasi dan Kerjasama untuk membantu segala upaya Pemerintah dalam pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika. Melalui program tersebut, kedepan harus terbangun sinergi dengan PWI Lampung dalam upaya mewujudkan percepatan penguatan P4GN,” ucap Tony.

Kemudian, Ia menyampaikan bahwa semua mitra kerja GRANAT harus dibekali ilmu pengetahuan tentang P4GN, begitupun anggota PWI se-Provinsi Lampung, agar percepatan penguatan P4GN bisa segera terwujud menuju Provinsi Lampung Bersinar (Bersih Narkoba). 

 

"GRANAT siap untuk memberikan Pelatihan dan Pembekalan bagi Pengurus dan Anggota PWI untuk  menjadi Konselor dan Penyuluh P4GN, karena itu bagian dari komitmen GRANAT,” tegas Tony.

Melalui kolaborasi dengan PWI Lampung, Toni berharap mampu memproteksi masyarakat dan memberikan pemahaman tentang bahaya penyalahgunaan Narkoba dilingkungan masyarakat, keluarga, dan generasi muda penerus bangsa. 

 

Karena, kata Toni, 90% korban pecandu penyalahgunaan Narkoba pada awalnya tidak mengetahui dan memahami dampak buruk dari penyalahgunaan Narkoba itu sendiri, akhirnya terjerumus dan sulit untuk keluar dari jerat Narkoba.

“Kami yakin, peran PWI dalam penguatan percepatan P4GN sangat dibutuhkan oleh masyarakat, baik melalui sosialisasi secara langsung maupun melalui tulisannya dalam pemberitaan agar masyarakat bisa tercerahkan tentang betapa bahayanya penyalahgunaan Narkotika,” pungkas Toni.

Dewan Pakar DPD GRANAT Provinsi Lampung Bey Sujarwo mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk perangi narkotika, mulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan dan masyarakat luas.

"mari kita sama-sama memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bahayanya penyalahgunaan narkotika meskipun memiliki nilai ekonomi yang sangat luar biasa. Sehingga, masyarakat tidak ikut-ikutan menjadi pengedar demi memenuhi sebuah kebutuhan, Inilah yang harus kita perhatikan bersama," jelasnya.

Disisi lain, Edi Marjoni Ketua Tim Kerja Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) BNN Provinsi Lampung, menyambut gembira gagasan GRANAT untuk berkolaborasi antara GRANAT, PWI dan BNN dalam percepatan dan penguatan P4GN.

“Kami siap menerima laporan secara langsung apabila terjadi penyalahgunaan dan tindak pidana Narkotika di tengah masyarakat,” singkatnya. 

Editor : Heri Fulistiawan

Follow Berita iNews Lamsel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut