get app
inews
Aa Read Next : Disalahgunakan, 2.030 Liter Solar Subsidi Nelayan di Lampung Selatan Diamankan Polisi

SPBU 24.354.124 Sidomulyo Diduga Oplos BBM

Senin, 07 Agustus 2023 | 22:05 WIB
header img
SPBU 24.354.124 Sidomulyo, Lampung Selatan (foto: Yogi/iNews.id)

Lampung Selatan, iNewsLamsel.id - Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 24.354.124 yang berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Sidomulyo, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), diduga telah melakukan kejahatan pengoplosan Bahan Bakar Minyak (BBM). 

Mirisnya, dugaan kejahatan pengoplosan dengan menggunakan bahan minyak mentah itu dilakukan SPBU Sidomulyo sejak 4 tahun lalu, yakni sejak sekitar tahun 2019. 

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari narasumber terpercaya, aksi pengoplosan BBM dilakukan oleh beberapa oknum terhadap BBM jenis premium/pertalite, pertamax dan solar. Kecuali pada jenis Bio solar yang dijual murni tanpa dioplos. 

Sumber yang namanya enggan dipublikasikan ini juga membeberkan, bahwa kegiatan pengoplosan dilakukan pada siang dan malam hari, melalui tank penampungan bawah tanah. 

"BBM dioplos dengan bahan minyak mentah. Mereka mengoplos BBM dengan menggunakan mobil tanki yang langsung dimasukan kedalam tank penampungan bawah tanah. Terkadang, pengoplosan itu juga dilakukan dengan menggunakan puluhan dirigen berukuran 40 liter yang dicurahkan kedalam tanki penampungan," Ujarnya kepada wartawan di sekitaran Kecamatan Sidomulyo, Senin (7/8/2023). 

Sumber tersebut juga menyebutkan, bahwa kejahatan pengoplosan BBM itu dilakukan agar para oknum mendapatkan keuntungan lebih besar yang dapat masuk ke kantong pribadi. 

"Kalau gak salah, harga minyak mentah itu sekitar 4-5 ribu per liter. Jika kegiatan pengoplosan BBM itu dilakukan sejak tahun 2019, kemungkinan besar keuntungan mereka sudah mencapai kisaran puluhan miliar rupiah," Bebernya lagi. 

Ia juga memastikan, hal tersebut bukan hanya sebatas dugaan ngawur tanpa dasar dan landasan bukti. Bahkan, sumber terpercaya ini juga memiliki soft file vidio kegiatan pengoplosan BBM di SPBU Sidomulyo, sejak tahun 2019.

Sayangnya, saat media hendak melakukan konfirmasi terkait adanya dugaan kejahatan pengoplosan BBM kepada pengawas SPBU 24.354.124, pihak yang bersangkutan tidak berada di tempat. 

"Saya berharap, pihak pertamina dapat melakukan tindakan atas dugaan kejahatan pengoplosan yang dilakukan oleh SPBU Sidomulyo ini," Harapnya. 

Untuk diketahui, pengoplosan dan Pemalsuan Bahan Bakar Minyak (BBM) itu tersendiri diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi (UU Migas).

Pada Pasal 55 juga disebutkan bahwa ; Setiap orang yang menyalahgunakan Pengangkutan dan/atau Niaga Bahan Bakar Minyak yang disubsidi Pemerintah dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan denda paling tinggi Rp60.000.000.000,00 (enam puluh miliar rupiah). 

Editor : Heri Fulistiawan

Follow Berita iNews Lamsel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut