get app
inews
Aa Read Next : Pemilihan Muli-Mekhanai Lampung Selatan Tahun 2024 Segera Digelar, Begini Caranya Jika Mau Menang

Heboh....Desa Bali Agung Lampung Selatan Diguyur Hujan Es

Selasa, 10 Januari 2023 | 20:06 WIB
header img
Hujan Es(Ilustrasi/iNews.id)

LAMPUNG SELATAN, iNewsLamsel.id - Guyuran hujan yang terjadi di wilayah Kecamatan Palas pada Senin (9/1) sore kemarin menghebohkan masyarakat.

Sebab di Dusun Pematang Buluh, Desa Bali Agung, Kecamatan Palas, Lampung Satan mendadak heboh lantaran diguyur hujan es.

Fenomena hujan es ini selain memunculkan rasa heran, juga mengundang keresahan masyarakat. Fenomena alam yang pertama kalinya ini dikhawatirkan sebagai pertanda akan datangnya bencana.

Agus (27) salah satu warga mengatakan, fenomena alam ini terjadi saat hujan deras melanda wilayah barat Palas sekita pukul 15.30 WIB. Ketua RT 2 ini mengungkapkan, hujan es melanda seluruh wilayah Pematang Buluh, dan sebagian Dusun 7.

“Kejadiannya sekitar pukul setengah empat sore tadi, Mas. Hujan es melanda wilayah pemukiman Pematang Buluh dan sebagian wilayah Dusun 7,” kata Warni salah satu warga lainnya.

Menurutnya, fenomena hujan es tersebut baru pertamakali terjadi di Desa Bali Agung. Tak ayal sebagian besar masyarakat merasa khawatir fenomena hujan es menjadi pertanda datangnya bencana.

“Es yang jatuh sebesar kelereng. Fenomena ini membuat masyarakat senang, mungkin aneh karena baru pertama melihat. Tapi kebanyakan warga merasa takut dan cemas hujan es menjadi pertanda datangnya bencana,” ungkapnya.

Kepala Stasiun Meteorologi Radin Inten II Lampung, Kukuh Ribudiyanto menjelaskan, fenomena hujan es ini dipengaruhi oleh siklon tropis Ellie yang memicu uap air tertarik ke arah timur.

Bergesernya uap air ke arah timur ini menyebabkan wilayah Jawa selama beberapa hari belakangan diguyur hujan dengan intensitas tinggi.

“Akhir-akhir ini hujan deras sering terjadi di wilayah Jawa bahkan sampai menimbulkan banjir. Sementara di Sumatera yang seharusnya menjadi puncak musim hujan, namun hujan justru jarang turun karena uap air tertarik ke arah timur akibat adanya siklon tropis Ellie,” terang Kukuh.

Pada situasi ini cuaca di wilayah Sumatera menjadi terik dengan radiasi matahari yang cukup tinggi pada pagi hari. Ini memicu penguapan secara drastis sehingga membentuk awan cumolonimbus.

Di wilayah garis ekuator awan cumulonimbus memiliki ketinggian lima kilometer hingga dua belas kilo meter yang memicu terjadinya fenomena alam hujan es.

“Di ketinggian lima kilometer saja suhunya sudah nol derajat, sementara ketinggian awan cumulunimbus ini bisa dua belas kilometer. Pada situasi ini juga akan terjadi angin kencang, hujan deras namun sebentar. Puncaknya, terjadi hujan es,” tutup Kukuh. 

Editor : Heri Fulistiawan

Follow Berita iNews Lamsel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut