Daftar 22 Pejabat Titipkan Sanak Saudara Masuk Unila, Karomani Sebut Nama Zulhas dan Bupati Lamteng

Antara
.
Kamis, 01 Desember 2022 | 13:02 WIB
Deret nama pejabat yang titipkan sanak saudara masuk Unila, ini kata Karomani. Foto: MPI.

LAMPUNG, iNewsLamsel.id - Deretan nama pejabat ini disebut menitipkan sanak saudara ke Rektor nonaktif Universitas Lampung (Unila) Karomani. Salah satunya Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) yang diduga menitipkan keponakannya demi bisa masuk ke Unila.

Hal tersebut diungkap Karomani saat menjadi saksi dalam sidang perkara kasus dugaan suap penerimaan mahasiswa baru Unila untuk terdakwa Andi Desfiandi. Persidangan itu digelar di Pengadilan Negeri Tanjungkarang, Bandarlampung, Rabu (30/11/2022).

Karomani menyebutkan sejumlah pejabat pernah menitipkan anak maupun sanak saudara mereka kepadanya agar bisa diterima sebagai mahasiswa Unila. Ternyata mereka berasal dari kalangan Polda hingga pejabat pemerintahan.

"Yang langsung ke saya menitipkan saudaranya untuk masuk ke Unila itu ada Polda Joko, temennya Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Lampung, Sulpakar, dan Mahfud Suroso, pemilik saham RS Urip Sumoharjo," kata Karomani di dalam persidangan. 

Selain itu, Karomani juga menyebut nama 22 orang lainnya yang menitipkan anak dan saudara mereka untuk diterima di Unila melalui Mualimin dan Budi Sutomo.

"Untuk Pak Utut (Adiyanto), yang bersangkutan langsung (kirim pesan) WhatsApp saya," katanya.

Selanjutnya alam persidangan untuk terdakwa Andi Desfiandi, JPU KPK juga menunjukkan barang bukti berupa tulisan tangan Karomani yang memuat daftar 22 nama calon mahasiswa baru hasil titipan.

Follow Berita iNews Lamsel di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini