Logo Network
Network

Senpi Anggota Polres Lamsel Diperiksa Kapolres, 11 Pucuk Ditarik Karena Izin Telah Habis

Heri Fulistiawan
.
Rabu, 07 September 2022 | 11:48 WIB
Senpi Anggota Polres Lamsel Diperiksa Kapolres, 11 Pucuk Ditarik Karena Izin Telah Habis
(Foto: Istimewa/ Humas Polres Lamsel)

LAMPUNG SELATAN, iNewsLamsel.id -Kepolisian Resor (Polres) Lampung Selatan (Lamsel) melakukan pemeriksaan terhadap seluruh senjata api yang digunakan anggota Polres dan jajaran Polsek dalam menjalankan tugasnya, Selasa(6/9/2022).

Kegiatan pemeriksaan senpi yang berlangsung dihalaman Apel Mako Polres Lampung Selatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Lamsel, AKBP Edwin, didampingi Kabag Logistik Kompol Aden Kristiantonomo, dan Kasipropam Iptu Yuriswan.

Dalam arahannya, AKBP Edwin menyampaikan agar semuanya anggota dapat menjaga diri, jaga keluarga dan menjaga institusi. “Untuk pemegang senjata api tidak ada pelanggaran, dalam penggunaan kekuatan dalam tindakan kepolisian agar memperhatikan SOP, serta pelaksanaan deskresi kepolisian yang dapat diperhitungkan dan dipertanggungjawabkan” bebernya.

Pemeriksaan dilakukan terhadap 99 personel pemegang senpi, terdapat 11 senjata api ditarik untuk digudangkan karena administrasi izin memegang senpinya telah habis.

Selanjutnya untuk melakukan pengajuan kembali perijinan memegang senjata api melalui beberapa rangkaian prosedur seperti tes psikologi, latihan menembak, rekomendasi.

“Anggota yang kartu senpinya telah habis agar senjatanya ditarik dan segera lengkapi persyaratan seperti tes psikologi berkala, latihan menembak berkala, rekomendasi dari pimpinan satuannya dan yang penting adalah sehat jasmani dan rohani” lanjutnya.

Diketahui bahwa setiap anggota polri yang memegang senjata api memiliki kartu pemegang senpi yang memiliki masa berlaku selama satu tahun.

Apabila masa berlaku telah habis diwajibkan untuk mengikuti tes kesehatan, tes psikologi, latihan menembak dan rekomendasi dari atasan satuannya.

“Pemeriksaan senpi tersebut bertujuan memeriksa kondisi kelayakan senjata api yang siap operasional apabila diperlukan, kelengkapan administrasi pemegang senpi” tutup Edwin.

Editor : Heri Fulistiawan

Follow Berita iNews Lamsel di Google News

Bagikan Artikel Ini