Logo Network
Network

Aplikasi Google Hangouts Resmi Ditutup November, Pengguna Dialihkan ke Chat

Dini Listyani
.
Selasa, 28 Juni 2022 | 09:40 WIB
Aplikasi Google Hangouts Resmi Ditutup November, Pengguna Dialihkan ke Chat
Google Hangout resmi ditutup bulan November mendatang. Foto: Ist

JAKARTA, iNews.id - Google memulai proses migrasi Hangouts pribadi gratis ke Chat. setelah menghentikan pengguna Google Hangouts for Workspace pada Februari.
 
Dalam pengumuman baru Google mengatakan, orang yang masih menggunakan aplikasi seluler Hangouts akan melihat permintaan untuk pindah ke Chat.  

Adapun pengguna yang menggunakan Hangouts di Gmail web, Google mengatakan tidak akan mulai meminta pengguna untuk beralih ke Chat hingga Juli. Hangouts akan tetap dapat digunakan di situs desktopnya hingga November.  

Google mengatakan akan memperingatkan pengguna setidaknya satu bulan sebelumnya usai mulai mengarahkan situs Hangouts ke Chat. 

Anehnya, Google Chat tidak sama dengan GChat (atau Google Talk), yang dihentikan Google untuk selamanya awal bulan ini.  

Perusahaan pertama kali mengisyaratkan rencananya untuk mentransisikan pengguna dari Hangouts ke Chat pada 2018 dan menjadikan fitur ini gratis untuk semua pengguna pada 2020, sebagaimana dikutip dari The Verge.  

Jika Anda masih menggunakan Hangouts, Google akan secara otomatis mentransfer percakapan yang ada ke Chat. Perusahaan juga memberi Anda opsi untuk menggunakan layanan Takeout-nya untuk mengunduh salinan data Hangouts Anda sebelum secara resmi dihentikan pada November mendatang. 

Untuk menarik pengguna agar beralih ke Chat, Google mengatakan sedang meluncurkan beberapa fitur baru, termasuk kemampuan untuk melakukan panggilan langsung, membuat utas sebaris di Spaces (pengubahan citra Kamar), serta berbagi dan melihat banyak gambar.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Lamsel di Google News

Bagikan Artikel Ini