get app
inews
Aa Read Next : Pemilihan Muli-Mekhanai Lampung Selatan Tahun 2024 Segera Digelar, Begini Caranya Jika Mau Menang

Sempat Kabur, Supir Truk Penyebab SPBU di Tol Terbakar Serahkan Diri ke Polisi

Senin, 27 Juni 2022 | 23:25 WIB
header img
Kasat Lantas Polres Lamsel AKP Jonniver Yolandra menunjuk truk Nopol BE 8052 HY penabrak SPBU di rest area Tol JTTS hingga terbakar. Foto iNewsLamsel.id/ Teguh Handika

LAMPUNG SELATAN, iNews.id - Yoga (25) pengemudi truk yang menyebabkan terbakarnya salah satu mesin SPBU di Rest Area Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) KM 20 B di Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), menyerahkan diri lantaran takut jadi buronan polisi.

Usai kabur, Yoga melihat tayangan berita di beberapa stasiun televisi nasional tentang kebakaran mesin SPBU.

Kemudian, ia memutuskan menyerahkan diri ke pos Sat PJR Ditlantas Polda Lampung di Exit Tol Kalianda.

"Aku niatnya mau ngisi solar, solarnya kosong terus aku belok kanan mau keluar terus ban belakangnya meleset. Karena faktor hujan, kalau ban kawat muatan kosong kan ringan bannya licin. Aku nguber jam eksekutif (kapal fery, red.). Aku nyesel," sebut Yoga dengan nada lesu.

Mewakili Kapolres Lamsel AKBP Edwin, Kasat Lantas, AKP Jonniver Yolandra saat memimpin press release membenarkan si pengemudi kini telah diamankan.

"Kronologi kejadian Jum'at (17/6), sekira pukul 07.20 WIB terjadi out control dari truk colt diesel dengan plat BE 8052 HY yang dikemudian oleh AYS (25)," buka Kasat Lantas merekonstruksi ulang insiden itu, Senin (27/6/2022).

"Kita berkoordinasi dengan Sat PJR Ditlantas Polda lampung, pelaku menyerahkan diri di pos PJR lalu diantar diserahkan kepada kami untuk proses penyelidikan. Memang disayangkan dari kami, ada upaya dari pelaku untuk melarikan diri tapi setelah kita dalami pelaku menyerahkan diri. Sampai detik ini pelaku kooperatif," lanjutnya.

Terkuak, dari hasil pemeriksaan si supir dinyatakan tidak dalam keadaan mengantuk dan bebas dari pengaruh narkoba ketika mengemudikan truk pas kejadian.

"Hasil penyidikan, pelaku lalai bukan karena mengantuk atau narkoba. Jadi, murni karena dia lalai," jelas mantan Kasatlantas Polres Tanggamus itu.

Selain itu, polisi juga telah melakukan mediasi dengan mempertemukan pihak SPBU dengan pemilik truk terkait kerugian yang timbul akibat terbakarnya salah satu mesin pompa.

"Hari ini, sudah kita pertemukan kedua belah pihak antara SPBU dengan pemilik kendaraan. Kalau ada perkembangan lebih lanjut, akan kita sampaikan kepada rekan-rekan media," imbuhnya.

Agar kejadian serupa tak terulang kembali, Kasat Lantas menghimbau kepada para pengemudi untuk memperhatikan kondisi saat berlalu lintas.

"Jika pengemudi lelah mengantuk, silahkan beristirahat di rest area tol maupun di jalan arteri. Yang kita sesalkan, pengemudi rekan-rekan kita ini memaksakan diri akhirnya malah merugikan diri sendiri dan orang lain," ujar AKP Jonniver Yolandra sembari mengakhiri.

Editor : Heri Fulistiawan

Follow Berita iNews Lamsel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut