get app
inews
Aa Read Next : Pemilihan Muli-Mekhanai Lampung Selatan Tahun 2024 Segera Digelar, Begini Caranya Jika Mau Menang

Polres Lampung Selatan Gelar Inspeksi Mendadak di SPBU Jelang Lebaran

Rabu, 03 April 2024 | 11:27 WIB
header img
Sidak Mendadak di SPBU: Langkah Polres Lampung Selatan Jamin Kualitas BBM untuk Mudik Lebaran,Rabu,(03/04/2024).Foto iNewsLamsel.id/Humas Polres Lamsel

LAMPUNGSELATAN,iNewsLamsel.id - Dalam rangka memastikan ketersediaan dan keakuratan distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) selama periode mudik Lebaran 2024, Polres Lampung Selatan bersinergi dengan Bidang Kemetrologian Dinas Perdagangan dan Perindustrian setempat, menginisiasi serangkaian pemeriksaan ketat di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kabupaten Lampung Selatan.

Pemeriksaan yang dipimpin oleh Ipda Deni Ardiansyah, Kanit Tipidter Polres Lampung Selatan, dan A. Zhuhri Okrobi Hakim, ST.MM, Kabid Kemetrologian, bertujuan untuk menegakkan integritas dalam penyaluran BBM, khususnya menghadapi lonjakan permintaan selama musim mudik Lebaran.

"Kami melaksanakan pemeriksaan ini secara acak dan tanpa pemberitahuan sebelumnya untuk menjamin volume dan takaran BBM sesuai standar yang berlaku," jelas Ipda Deni.

Fokus utama inspeksi ini adalah untuk mengecek keakuratan alat ukur pada mesin pompa BBM dan memastikan tidak ada perangkat ilegal yang terpasang yang dapat mempengaruhi volume BBM yang diisi ke kendaraan konsumen.

Kegiatan pemeriksaan diadakan pada Selasa, 2 April 2024, dimulai sejak pukul 09.00 WIB, meliputi SPBU di Kotadalam, Kecamatan Sidomulyo, Pasir Putih, Kecamatan Katibung, serta dua SPBU COCO di KM87A dan KM87B Jalur Tol Trans Sumatera (JTTS), Kecamatan Jati Agung.

Dari serangkaian pemeriksaan tersebut, Ipda Deni menginformasikan bahwa tidak ditemukan bukti penyalahgunaan atau kecurangan oleh pengelola SPBU.

"Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar pengelola SPBU telah mematuhi aturan dan menjaga kepercayaan konsumen," ungkapnya.

Pihak Polres Lampung Selatan dan Bidang Kemetrologian berharap, kegiatan inspeksi ini dapat meningkatkan kesadaran dan kepatuhan pengelola SPBU terhadap aturan yang berlaku, sekaligus memastikan masyarakat yang akan mudik bisa mendapatkan BBM yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan, sehingga perjalanan mudik Lebaran berjalan lancar dan aman.

"Kami berkomitmen untuk terus melakukan pengawasan secara berkala untuk melindungi hak konsumen dan memastikan distribusi BBM yang adil dan benar, khususnya menjelang moment-moment penting seperti Lebaran," tutup Ipda Deni, menandaskan upaya Polres Lampung Selatan dalam menjaga stabilitas sosial dan ekonomi di tengah persiapan masyarakat untuk mudik Lebaran.

Editor : Heri Fulistiawan

Follow Berita iNews Lamsel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut