Logo Network
Network

Awal Tahun 2023, Dandim 0421/LS Berikan Rumah Baru Kepada Ahyuni

Heri Fulistiawan
.
Selasa, 17 Januari 2023 | 00:44 WIB
Awal Tahun 2023, Dandim 0421/LS Berikan Rumah Baru Kepada Ahyuni
Komandan Distrik Militer 0421 Lampung Selatan Letkol Inf Fajar Akhirudin, memberikan hadiah rumah baru kepada Ahyuni warga Dusun Kawat Ngangkang, Desa Pardasuka, Kecamatan Katibung.(Foto: Heri/iNews.id)

LAMPUNG SELATAN, iNewsLamsel.id - Diawal tahun 2023, Komandan Distrik Militer (Dandim) 0421 Lampung Selatan Letkol Inf Fajar Akhirudin, memberikan hadiah rumah baru kepada Ahyuni warga Dusun Kawat Ngangkang, Desa Pardasuka, Kecamatan Katibung.

Dandim 0421/LS, Letkol Inf Fajar Akhirudin mengatakan, dirinya hanya bisa membedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) menjadi layak untuk ditinggal bagi Ahyuni bersama 8 orang anaknya.

"Kalau saya, hanya bisa membuat sebuah rumah tidak layak huni menjadi layak huni. Layak huni itu salah satu kriterianya, yang pertama rumah itu harus sehat ada ventilasi, ruang gerak, angin tidak masuk kedalam rumah dan yang paling utama adalah rumahnya bersih," kata Dandim saat acara penyerahan kunci bedah rumah tidak layak huni, Senin (15/1/2023).

Dandim melanjutkan, salah satu syarat rumah layak huni adalah rumah yang apabila orang tinggal didalamnya dalam keadaan sehat.

Maka dari itu, Fajar berjanji akan terus melanjutkan program bedah rumah tidak layak huni meskipun bersumber dari pendanaan pribadi alias swadaya.

"Ini adalah pertama kali di tahun 2023, saya ingin menyampaikan pesan bahwa kita tidak berhenti sampai disini kita akan terus berusaha untuk membantu masyarakat ditengah kesulitan," imbuhnya. "Jadi, insya Allah kita akan tetap melakukan bedah rumah berdasarkan laporan dari Babinsa dan Danramil ke saya," timpal Dandim lagi.

Terakhir, Fajar memberikan petuah kepada Ahyuni untuk menempati rumah barunya dengan sebaik-baiknya. "Pesan untuk pak Ahyuni, tolong dirawat rumah sebaik-baiknya dan saya berharap mudah-mudahan rumahnya bisa bermanfaat dan bisa ditempati dengan layak huni, sehat dan memberikan berkah untuk kita semua," tandas Fajar.

Ahyuni sendiri tak banyak berkata-kata, buruh serabutan yang merawat 8 anak usai sang istri meninggal dunia hanya bisa mengutarakan rasa syukurnya.

"Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada bapak Dandim. Saya sangat terharu sekali, sangat bangga," singkatnya.

Sementara, Tokoh Adat Marga Katibung, Pangeran Sasuhunan Sampurna Jaya yang hadir dalam acara itu menyampaikan himbauan hendaknya masyarakat jangan pernah berpikir pilih kasih terkait adanya program bantuan bedah rumah dari Kodim 0421/LS.

"Apa yang dilakukan ini, sudah merupakan suatu pemikiran yang baik. Dan, bersyukurlah atas pemberian dari pak Dandim jaga dan dirawat. Mudah-mudahan, kalau dijaga dirawat yang memberi pun mendapat pahala yang sangat berlimpah," ucapnya.

Senada, Camat Katibung Firdaus Adam mengajak warga Dusun Kawat Ngangkang, Desa Pardasuka untuk mengapresiasi program bedah rumah tidak layak huni oleh Dandim 0421/LS.

"Doa dari kita semua untuk Dandim 0421/LS, agar beliau dengan jiwa sosial yang tinggi mencapai yang dicita-citakan," pungkas Camat.

Editor : Heri Fulistiawan

Follow Berita iNews Lamsel di Google News

Bagikan Artikel Ini