Logo Network
Network

4 Peralatan Canggih Milik Densus 88, dari Alat Sadap hingga Senjata Api

Heri Fulistiawan
.
Senin, 18 Juli 2022 | 09:22 WIB
4 Peralatan Canggih Milik Densus 88, dari Alat Sadap hingga Senjata Api
Densus 88. Foto : istimewa

JAKARTA, iNewd.id – Peralatan canggih milik Densus 88 bakal membuat kita tercengang. Semua perangkat mutakhir itu digunakan oleh kesatuan polisi berlogo burung hantu tersebut dalam menjalankan misi penanggulangan terorisme.

 

Sebagai kesatuan elite serta urgennya misi yang diemban, personel Densus 88 dibekali peralatan canggih guna menunjang keberhasilan tugas.

 

Densus 88 beranggotakan polisi berpengalaman dalam strategi dan taktik dalam menangkal tindak pidana terorisme.

 

Berikut peralatan canggih Densus 88 seperti dikutip dari berbagai sumber:

1. Alat Sadap Korek Api

Meski bentuknya menyerupai korek api, alat ini mempunyai kemampuan mencengangkan. Pasalnya, alat ini dapat mengetahui pembicaraan orang dalam radius 3 km persegi.Alat ini digunakan untuk mendeteksi keberadaan teroris. 

 

2. Armalite AR-10

Armalite AR-10 adalah senapan otomatis beroperasi gas yang menembakkan peluru berkaliber 7,62 x 51 mm NATO. Senjata ini dilengkapi sistem operasi gas, receiver aluminium, popor tetap, serta perabot fiberglass. Armalite AR-10 mudah dikontrol untuk penembakan otomatis sehingga memiliki tingkat akurasi tinggi. Selain itu, senapan ini akurat pada penembakan semi-otomatis. 

 

3. Senapan Serbu Colt M4 5,56 MM

Senapan serbu jenis Colt M4 5,56 milimeter adalah senjata andalan Densus 88. Senapan ini mempunyai dua jenis, yaitu M4 dan M4A1. M4 dan M4A1 menggunakan peluru kaliber 5,56 x 45 mm NATO serta termasuk dalam senapan selective-fire. Senapan selective-fire menggunakan air cooled, sistem gas, magazen box, dan popor teleskopik. Senjata ini digunakan untuk melumpuhkan teroris. 

 

4. Steyr AUG

Steyr AUG juga digunakan oleh Densus 88. Salah satu keunggulan senjata ini adalah larasnya yang dapat diganti-ganti. Steyr UG menyiapkan empat macam kombinasi laras. Di antaranya laras HBAR (Heavy Barrel) sepanjang 621 mm, digunakan untuk mengubah AUG menjadi senapan mesin ringan, laras compact 350 mm setara karabin, laras standar 508 mm setara M16, serta laras medium profile sepanjang 407 mm. 

Editor : Heri Fulistiawan

Follow Berita iNews Lamsel di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.