Polresta Bandar Lampung Jadi Role Model Pelayanan Publik, Kapolda: Layak Dicontoh

BANDAR LAMPUNG, iNews.id - Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika menegaskan bahwa Polri terus berkomitmen meningkatkan kualitas pelayanan publik yang berdampak langsung kepada masyarakat.
Kapolda mengapresiasi langkah Polresta Bandar Lampung yang dinilai berhasil menunjukkan kemajuan dalam memberikan pelayanan cepat, transparan, dan nyaman.
“Upaya Polresta Bandar Lampung patut diapresiasi. Kami sadar pelayanan belum sempurna, namun langkah baik ini harus diteruskan, ditiru, dan dikembangkan oleh polres-polres lain sesuai dengan karakteristik wilayah masing-masing,” ujar Helmy, Kamis (24/7/2025).
Helmy menegaskan, peningkatan pelayanan publik merupakan wujud nyata implementasi kebijakan Kapolri untuk menjadikan Polri lebih dekat dengan masyarakat.
“Ini adalah Polri untuk masyarakat. Kami ingin semua pelayanan benar-benar dirasakan manfaatnya oleh publik,” kata dia.
Sebelumnya, Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Purwadi Arianto, melakukan peninjauan ke sejumlah layanan publik di Mapolresta Bandar Lampung.
Dalam kunjungan tersebut, Purwadi yang juga pernah menjabat Kapolda Lampung pada tahun 2018 meninjau pelayanan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) serta berbagai layanan administrasi lainnya.
“Kedatangan saya ini memastikan bahwa pelayanan publik itu berdampak dan dirasakan masyarakat. Saya melihat komitmen dari pimpinan, SDM yang terlatih, data yang terintegrasi, serta kolaborasi antarbagian yang saling melengkapi sehingga kualitas pelayanannya dari waktu ke waktu akan lebih baik,” tutur Purwadi.
Dia menekankan, harapan masyarakat terhadap pelayanan publik semakin tinggi, terutama dalam hal perizinan, pembuatan SIM, dan pengurusan SKCK.
“Sehingga tingkat kepercayaan masyarakat terhadap aparaturnya makin meningkat. Pelayanan harus semakin cepat, mudah, dan transparan agar publik puas,” tegasnya.
Dalam penilaiannya, Purwadi mengaku puas dengan pelayanan publik di Polresta Bandar Lampung dan bahkan memberikan nilai 90 dari skala 100.
“Saya yakin masyarakat puas dengan pelayanan di sini. Tempatnya bersih, nyaman, dan semua komponen pelayanannya bekerja dengan baik,”. pungkasnya.
Editor : Heri Fulistiawan