get app
inews
Aa Read Next : Bhayangkari Cup 2024 Zona 3 Resmi Dibuka di GOR Way Handak Lampung Selatan

Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan Pastikan Harga Sembako Stabil melalui Operasi Pasar

Kamis, 01 Agustus 2024 | 14:31 WIB
header img
Tim Gabungan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan operasi pasar (foto: Yogi/iNewsLamsel.id)

Lampung Selatan, iNewsLamsel.id - Tim gabungan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan melakukan pemantauan harga dan ketersediaan sembilan bahan pokok di Pasar Inpres Kalianda, Kamis (1/8). Operasi pasar ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memastikan stabilitas harga bahan pokok.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Lampung Selatan, Dulkahar, menyatakan bahwa operasi pasar telah berlangsung sejak 7 Juli 2024. “Hari ini (1/8) bersama tim secara serentak melakukan inspeksi di tujuh kecamatan, termasuk Pasar Kalianda. Ditemukan harga komoditas cabai meningkat hampir 100%,” ujar Dulkahar.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, harga cabai di Pasar Inpres Kalianda sebelumnya berkisar 30 ribu rupiah per kilogram, namun saat ini sudah mencapai 45 ribu rupiah per kilogram. Dulkahar menjelaskan bahwa kenaikan harga cabai yang signifikan ini telah dilaporkan oleh masyarakat dan tim sebelumnya.

“Dengan adanya inspeksi seperti ini, pemerintah daerah akan mengambil kebijakan untuk menghimbau masyarakat Kabupaten Lampung Selatan agar memanfaatkan pekarangan sebagai tempat penanaman pangan seperti cabai, sayuran, dan tanaman lainnya yang bisa dimanfaatkan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Dulkahar menambahkan bahwa setiap minggu, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan melakukan rapat inflasi bersama tim dari pusat untuk menjaga kestabilan harga. Jika terdapat kenaikan harga yang signifikan, akan diambil tindakan segera. “Hari ini juga pemerintah daerah Kabupaten Lampung Selatan melaksanakan operasi pasar di tujuh kecamatan, yaitu di Kecamatan Natar, Jatiagung, Kalianda, dan lainnya,” tutupnya.

Diketahui, tim monitoring pemantauan harga dan ketersediaan bahan pokok di Pasar Inpres Kalianda ini dikomandoi oleh Dulkahar, bersama Inspektorat, BPKAD, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas TPH dan Perkebunan, Dinas Perikanan, Dinas Kominfo, Dinas PMD, bagian Kerjasama, bagian Perekonomian, serta KUPT Pasar Inpres Kalianda, Ella Agustinus.

Editor : Heri Fulistiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut