get app
inews
Aa Read Next : Pemilihan Muli-Mekhanai Lampung Selatan Tahun 2024 Segera Digelar, Begini Caranya Jika Mau Menang

ASDP Menerapkan Penyesuaian Tarif Layanan Ekspres Merak-Bakauheni Mulai 1 Februari 2024

Selasa, 30 Januari 2024 | 12:31 WIB
header img
Tarif terpadu eksekutif Merak-Bakauheni,Foto Dokumentasi

LAMPUNG SELATAN,iNews Lamsel.id- PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) akan menerapkan penyesuaian tarif angkutan pada Layanan Dermaga Eksekutif Pelabuhan Penyeberangan Merak dan Bakauheni mulai Kamis, 1 Februari 2024, pukul 00.00 WIB.

Penyesuaian tarif layanan kapal ekspress ini mengacu pada Surat Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor: PR.302/4/16 PHB 2023 tanggal 15 November 2023 tentang Persetujuan Penyesuaian Tarif Jasa Kepelabuhanan Pada Layanan Dermaga Eksekutif Pelabuhan Penyeberangan Merak dan Bakauheni PT ASDP Indonesia Ferry (Persero).

Corporate Secretary ASDP, Shelvy Arifin, menjelaskan bahwa penyesuaian tarif dilakukan untuk meningkatkan pelayanan angkutan penyeberangan, keselamatan, dan keamanan pelayaran, serta untuk menjaga kelangsungan industri angkutan penyeberangan dan meningkatkan daya saing dengan moda transportasi lainnya.

Penyesuaian tarif juga merupakan upaya untuk memenuhi standar pelayanan minimum, dengan harapan agar masyarakat dapat menyeberang dengan nyaman dan aman. Selama lima tahun terakhir belum pernah dilakukan penyesuaian tarif pada layanan dermaga eksekutif Merak-Bakauheni, namun pertumbuhan biaya operasional dan investasi dalam peningkatan fasilitas serta peningkatan kualitas layanan membuat penyesuaian tarif menjadi suatu kebutuhan yang tidak dapat dihindari.

Berdasarkan analisis yang dilakukan, besar penyesuaian tarif rata-rata untuk penumpang mencapai 8,72%, sedangkan untuk kendaraan sebesar 4,74%. Penyesuaian tarif ini mempertimbangkan berbagai faktor, termasuk biaya bahan bakar, biaya pemeliharaan kapal dan fasilitas, serta kenaikan biaya operasional lainnya.

Penerapan penyesuaian tarif ini juga sejalan dengan peningkatan faktor keselamatan, keamanan, dan kenyamanan pengguna jasa melalui upaya peningkatan fasilitas pelabuhan seperti access bridge, garbarata, kapasitas dermaga, area parkir, serta fasilitas ruang tunggu penumpang.

Selain itu, para pengguna jasa dapat menikmati fasilitas pendukung di atas kapal seperti ruang VIP, toilet, ruang ibadah, ruang ber-AC, kantin, hingga tempat bermain anak.

Terkait penerapan penyesuaian tarif pada awal Februari ini, ASDP telah melakukan sosialisasi secara langsung, serta berkolaborasi dengan pihak terkait untuk memastikan koordinasi yang tepat dalam penerapan tarif dan penyampaian informasi kepada pengguna jasa. Informasi tentang penyesuaian tarif juga disampaikan melalui aplikasi Ferizy dan media luar ruang seperti spanduk yang dipasang di area pelabuhan.

Untuk detail tarif terbaru, berikut adalah tarif terpadu eksekutif Merak-Bakauheni:

**A. PENUMPANG**

- Dewasa: Rp 84.800

- Bayi: Rp 4.000

 

**B. KENDARAAN**

- Golongan I: Rp 85.000

- Golongan II: Rp 129.677

- Golongan III: Rp 187.853

- Golongan IV: 

    - Kendaraan Penumpang: Rp 749.128

    - Kendaraan Barang: Rp 491.800

- Golongan V: 

    - Kendaraan Penumpang: Rp 1.225.928

    - Kendaraan Barang: Rp 904.923

- Golongan VI: 

    - Kendaraan Penumpang: Rp 2.015.985

    - Kendaraan Barang: Rp 1.366.620

- Golongan VII: Rp 1.975.580

- Golongan VIII: Rp 2.

619.845

- Golongan IX: Rp 3.998.920

 

Editor : Heri Fulistiawan

Follow Berita iNews Lamsel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut