get app
inews
Aa Read Next : PMI Jakarta Selatan Buka Pelayanan Kesehatan Hingga Sunatan Masal Gratis di Lampung Selatan

Ratusan Relawan Muda PMR Tanam Mangrove dan Oprasi Bersih Pantai

Rabu, 05 Juli 2023 | 17:49 WIB
header img
Ketua Pelaksana Jumbara PMR IX Tingkat Nasional, Sasongko Tedjo bersama kontingen luar Negeri. (Foto: Yogi/iNewsLamsel.id)

LAMPUNG SELATAN, iNewsLamsel.id - Gelaran Jumpa Bakti Gembira (JUMBARA) Palang Merah Remaja (PMR) Tingkat Nasional IX memasuki hari keempat. Berbagai kegiatan Jumbara telah dijalani kontingan dari 34 Provinsi dan kontingen Internasional pada Rabu, (5/7/2023).

Kegiatan bakti lingkungan kali ini diikuti sebanyak 221 relawan PMR dan relawan Internasoinal peserta Jumbara. Sedikitnya, sebanyak 1.000 bibit Mangrove telah ditanam oleh peserta kegiatan Bakti Lingkungan tersebut.

Diketahui, kontingen Internasional yang turut serta mengikuti kegiatan tanam mangrove yaitu Kamboja sebanyak 4 orang, Laos sebanyak 2 orang, China sebanyak 3 orang, Thailand sebanyak 1 orang, Malaysia sebanyak 5 orang, Singapur sebanyak 2 orang, Brunei sebanyak 2 orang dan Timor Leste sebanyak 2 orang.

Ketua Pelaksana Jumbara PMR IX Tingkat Nasional, Sasongko Tedjo mengatakan, edukasi penamanam Mangrove ini merupakan upaya membentuk relawan yang peduli lingkungan, serta menjaga lingkungan sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat

"Jumlahnya memang tidak seberapa, tapi edukasinya yang penting. Sejak dini, kami ingin membangun jiwa kepedulian terhadap masyarakat kepada mereka," kata Sasongko.

Sasongko menambahkan, PMR yang mengikuti rangkaian kegiatan Jumbara diharapkan dapat terus menjadi relawan. Kegiatan sepekan lebih di Jumbara ini, sambungnya, bertujuan meningkatkan kecakapan relawan dan juga menanamkan kepedulian relawan PMR terhadap masyrakat.

Salah satu kontingen Internasional asal Brunei Darussalam, Adib (20) mengaku terkesan dengan kegiatan menanam mangrove. Meski sempat menghadapi kesulitan saat menanam, Adib mengaku kegiatan tersebut menyadarkan diri akan pentingnya mangrove bagi ketahanan pesisir.

"Sangat terkesan, banyak pelajaran didapat. Dan ini kebetulan pengalaman pertama juga," kata Adib.

Sekilas informasi Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) adalah kegiatan yang dilaksanakan untuk mengevaluasi pembinaan dan pengembangan Palang Merah Remaja (PMR) di tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi dan Nasional. Jumbara 2023 merupakan edisi kesembilan pertemuan PMR seluruh Indonesia.

Lebih lanjut, bahwa Jumbara Nasional pertama kali digelar pada tahun 1978 di DKI Jakarta. Sementara yang kedelapan digelar di Pangkep, Sulawesi Selatan pada 2016. 

Editor : Heri Fulistiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut