get app
inews
Aa Read Next : Polda Lampung Siap Kawal Pemudik Sepeda Motor di Malam Hari selama Arus Mudik Lebaran 2024

ASDP Bakauheni Catat Sebanyak 18000 Kendaraan Dari Jawa Tiba di Lampung, Polda Lampung Jamin Keamana

Kamis, 20 April 2023 | 03:30 WIB
header img
Kabid humas polda lampung bersama General Manager ASDP Cab. Bakauheni Lampung menyapa warga masyarakat pemudik (foto : Yogi/iNews.id)

Pada H-4 menjelang Lebaran Idul Fitri 1444-H, sebanyak 18.000 kendaraan dari Pelabuhan Ciwandan dan Merak turun dipelabuhan ASDP Bakauheni Lampung. Polda Lampung kerahkan 6.664 Personil dan 83 posko guna memastikan keamanan kenyamanan untuk pemudik. Rabu (19/4/2023) Bakauheni Lampung Selatan, Lampung.

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol. Zahwani Pandra Arsyad mengatakan Pengamanan arus mudik sampai H-4 pada hari ini Rabu (19/4) kami beserta unsur TNI kemudian temen-temen ASDP Indonesia yang saat ini sedang berada dipelabuhan Bakauheni Lampung.

Lanjutnya, "H-4 sampai pukul 20:00 WIB ini sudah tercatat lebih dari 18 ribu jenis kendaraan yang sudah memasuki wilayah Pelabuhan Bakauheni di Lampung Selatan, dan tentunya kami dengan diberlakun operasi ketupat krakatau 2023 wilayah hukum Polda Lampung yang sudah menerjunkan lebih dari 4.664 personil yang tersebar di 83 pos pengamanan, pos terpadu dan juga pos pelayanan tentunya kami bertugas dibidang pungsi preentif, preventif dan refresif" Ucapnya.

Penekanan Kapolda Lampung, Irjen Pol. Helmi Santika "apabila ada penumpang yang turun melalui pelabuhan Bakauheni, diwilayah hukum polda lampung atau diwilayah polres lampung selatan ini akan kita kawal secara estafet sampai kedaerah tujuan," Jelasnya.

Semuanya adalah untuk memberikan perlindungan atau pengayoman kepada masyarakat terutama pada masyarakat pemudik, dan sampai saat ini kita lihat para pemudik ada yang sempat bermalam dipelabuhan Bakauheni lampung dengan tujuan akan melanjutkan perjalanan keesokan harinya.

"Kami siap siaga selama 24 Jam dan oprasi ini berlangsung dari (18/4) sampai (2/5) mendatang,  tentunya kepada warga masyarakat kami himbau untuk segera menginformasikan apa bila memerlukan kehadiran polri.

Juga kami menghimbau untuk warga masyarakat segera menghubungi call senter 110 bebas pulsa dan juga mendownload aplikasi polri super apps apa bila anda ingin mendapatkan informasi. Sekecil apapun Informasi akan kami tindak lanjuti dan kami kami berharap agar mudik aman, nyaman dan berkesan," Terangnya

Diketahui, pemudik yang bermalam dipelabuhan Bakauheni lampung rata-rata mereka ini sedang melakukan perjalanan ke Kabupaten yang cukup jauh, Jadi mereka lebih memilih untuk bermalam dipelabuhan dan melakukan perjalanan keesokan harinya setelah keadaan terang.

"Lalu Pandra menekankan untuk para pemudik apa bila anda berkendara lebih dari 4 jam, segera beristirahat dipos-pos rest area yang sudah disiapkan oleh operator jalan tol trans sumatra maupun dijalan lintas untuk bisa dipergunakan, istirahatlah sebentar setelah kembali pulih anda dapat kembali melakukan perjalanan" Tuturnya.

Capt. Budi Sunarko mengatakan bahwa saat ini kondisi masih aman lancar terkendali namun sudah ada peningkatan dari pemudik, jadi biasanya hanya 8000 sekarang sudah mencapai 11.000. Sementara dari Pelabuhan Merak saat ini sudah mencapai 18.000 kendaraan.

"Disiapkan sebanyak 65 kapal beroperasi dan, pada H-4 ini kapal beroprasi dikatakan sudah mencapai 41 kapal, terdiri dari 8 kapal yang beroperasi dari pelabuhan ciwandan ke bakauheni sisanya dari merak ke bakauheni," Ungkapnya.

Untuk menghadapi lonjakan atau kepadatan kami sudah bekerja sama terutama dengan dengan polri, dan kami sudah melakukan beberapa kali meeting baik di Polda maupun di Polres ada 3 sekenario langkah-langkah yang akan dilakukan saat kondisi normal, padat dan sangat padat itu kita punya antisipasinya.

Terusnya, Ia menghimbau kepada semua kendaraan yang memasuki pelabuhan wajib sudah mempunyai tiket, hal ini kita sepakati agar tidak terjadi penumpukan dipelabuhan. Untuk pembelian tiket kita sudah melalui tiket online melalui feryzie, dan tiket tersebut bisa dipesan reservasi 60 hari sebelum keberangkatan.

"Oleh karna itu kami berharap maksimal satu hari sebelum keberangkatan sudah mempunyai tiket agar semua pengguna jasa bisa langsung masuk kekapal, dan kami berharap pengendara datang kepelabuhan sesuai dengan jam pelayanannya dan tanggalnya itu tidak akan terjadi penumpukan atau antrian dipelabuhan".

Terkait servis untuk pengguna jasa yang kedatangan pada malam hari dan masih dalam perjalanan cukup jauh, maka sudah disiapkan ruang tunggu bisa menginap dan bisa beristirahat tidur diruang tunggu yang sudah kami siapkan kapasitasnya pun cukup memadai.

"Selain Polri, juga ada 1500 Man Power,  BKO, Polisi dan juga scurity serta petugas lainnya secara 24Jam siap melakukan pengamanan. Tentunya untuk meningkatkan pelayan kita dipelabuhan ASDP Bakauheni Lampung," Tandasnya.

Editor : Heri Fulistiawan

Follow Berita iNews Lamsel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut