get app
inews
Aa Read Next : Pemilihan Muli-Mekhanai Lampung Selatan Tahun 2024 Segera Digelar, Begini Caranya Jika Mau Menang

3 Orang Pelaku Pencurian Sapi di Lamsel Di Dor Polisi

Selasa, 28 Februari 2023 | 12:28 WIB
header img
Ilustrasi

LAMPUNG SELATAN, iNewsLamsel.id - Tekab 308 Presisi Polres Lamsel berhasil mengamankan tiga pelaku pencurian sapi berikut dua ekor sapi yang dicurinya. Para pelaku pencurian hewan ternak sapi di wilayah hukum Polres Lampung Selatan ini diketahui sangat meresahkan masyarakat.

Bahkan para pelaku dikenal licin dan sulit untuk ditangkap. Ketiga tersangka tersebut, A(55) warga Dusun Sungkai, Desa Hara Banjarmanis, AI (41) warga Dusun Lebak Sungkai Desa Tajimalela dan M (72) warga Dusun Banyumas Desa Agom, Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan.

Kasat Reskrim Polres Lampung Selatan AKP Hendra Saputra mewakili Kapolres AKBP Edwin mengatakan, penangkapan tersebut bermula saat penggerebekan di rumah tersangka pelaku M dan ditemukan dua ekor sapi di kandang miliknya. Dari hasil interogasi petugas, dua ekor sapi tersebut menurut pelaku didapat dari A dan AI.

Tak mau menunggu lama, petugas lalu menggerebek rumah pelaku AI dan disitu juga ada pelaku A. Saat akan ditangkap, pelaku A mencabut senjata tajam jenis golok yang ada diatas meja. Kemudian polisi menghimbau, agar tersangka meletakan senjata tajam, namun tidak digubris. Kemudian, petugas memberi tembakan peringatan dan tersangka malah berlari kearah petugas.

"Petugas kemudian memberikan tindakan tegas terukur, dikarenakan dapat membahayakan," ujar AKP Hendra Saputra dalam keterangannya, Selasa (28/2/2023).

Berdasarkan keterangan kedua tersangka, aksi pencurian dilakukan bersama pelaku S (DPO), Minggu (26/2/2023) sekira pukul 00.00 WIB. Korbannya S (51) warga Dusun VII Pubian Stadion Desa Kedaton Kalianda. Kejadian tersebut diketahui korban saat bangun tidur sekitar pukul 06.00 WIB. Korban mengecek sapi dalam kandangnya yang berada di belakang rumah sudah tidak ada.

Modus operandinya, tersangka mengambil dua ekor sapi betina warna putih dengan cara merusak dan membuka kunci kandang yang terbuat dari kayu dengan menggunakan oli. Hal itu dilakukan, agar dapat memudahkan melepas kunci yang terbuat dari kayu tersebut. Kemudian tersangka memotong kalung sapi dari kuningan dan membawa sapi keluar dari kandang ke arah stadion.

"Korban yang mengalami kerugian ditaksir kurang lebih Rp 25 juta, melapor ke Mapolres Lamsel," imbuhnya.

Saat ini, kedua tersangka lanjut Kasat Reskrim masih menjalani pemeriksaan di Mapolres guna penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut. Sedangkan barang bukti yang diamankan dua ekor sapi betina warna putih milik korban, satu buah kalung sapi dari kuningan, satu buah potongan tali nilon panjang kurang lebih 0,5 meter, satu buah kayu kunci kandang sapi dan sebilah golok milik Adam.

"Atas perbuatannya, para tersangka dijerat pasal 363 KUHPidana," pungkasnya.

Editor : Heri Fulistiawan

Follow Berita iNews Lamsel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut