get app
inews
Aa Read Next : Pemilihan Muli-Mekhanai Lampung Selatan Tahun 2024 Segera Digelar, Begini Caranya Jika Mau Menang

Gelar Panen Raya di Wilayah Binaan, Kodim 0421/LS Hasilkan 32 Ton Jagung

Jum'at, 10 Februari 2023 | 15:28 WIB
header img
Kodim 0421/LS menggelar panen raya jagung di area perkebunan seluas 8 hektare dengan hasil panen mencapai sekitar 32 ton di Dusun Gunung Botol, Desa Penengahan, Lampung Selatan.(Foto: Heri/iNews.id)

LAMPUNG SELATAN, iNewsLamsel.id - Kodim 0421/Lampung Selatan (LS), menggelar panen raya jagung di area perkebunan seluas 8 hektare dengan hasil panen mencapai sekitar 32 ton.

Area perkebunan jagung itu, merupakan wilayah binaan yang terletak di Dusun Gunung Botol, Desa Penengahan, Kecamatan Penengahan.

Dandim 0421/LS, Letkol Inf Fajar Akhirudin mengatakan, program panen raya merupakan pengejawantahan dari instruksi Presiden RI Joko Widodo untuk membantu masyarakat dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional menghadapi inflasi global. "Ini adalah panen raya jagung di wilayah binaan Kodim 0421/Lampung Selatan, khususnya di Dusun Gunung Botol, Desa Penengahan, Kecamatan Penengahan," kata Dandim kepada media usai panen raya, Jumat(10/2/2023).

Fajar melanjutkan, dirinya telah menggelar di 10 Koramil yang ada di wilayah jajaran Kodim 0421/Lampung Selatan untuk melaksanakan kegiatan ketahanan pangan dengan total luas lahan 49 hektare.

"Kemudian, ditambah lagi perintah harian dari bapak Kepala Staf Angkatan Darat, TNI Angkatan Darat harus hadir ditengah-tengah kesulitan rakyat," tegasnya.

Fajar menyatakan, wilayah Lampung Selatan memiliki lahan yang sangat subur dan luas sehingga bisa dimanfaatkan untuk mewujudkan ketahanan pangan. Metode cocok tanam jagung dikombinasikan dengan beberapa bahan campuran, bisa menghasilkan panen jagung yang cukup memuaskan walaupun ditengah cuaca kemarau. Dimana, perkebunan binaan Kodim 0421/Lampung Selatan diatas lahan seluas 8 hektare mampu menghasilkan panan jagung sekitar 32 ton.

"Ketahanan pangan ini, bisa diimplementasikan sebagai kehadiran kita, negara dan pemerintah turun langsung dalam rangka mensejahterakan masyarakat," ujar Dandim.

Dandim juga menyampaikan, melalui program ketahanan pangan diharapkan bisa memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya di wilayah binaan ketahanan pangan Kodim 0421/Lampung Selatan terkait ilmu pengetahuan non konvensional warisan orang-orang dahulu.

"Harapannya kedepan, masyarakat atau kelompok tani yang berkenan belajar ke kita nanti akan kita sosialisasikan ilmu pengetahuannya. Sehingga, sudah tidak lagi bercocok tanam dengan cara konvensional agar hasilnya lebih baik dan mudah-mudahan bisa mensejahterakan masyarakat khususnya di wilayah Kabupaten Lampung Selatan," tandas Dandim.

Camat Penengahan, Jaelani menyampaikan apresiasi atas program penanaman jagung sebagai upaya ketahanan pangan dalam rangka menghadapi resesi ekonomi global tahun ini.

"Ini merupakan bentuk sinergitas, antara Kodim 0421/Lampung Selatan dengan Pemerintah Daerah dalam mewujudkan ketahanan pangan," singkat Jaelani.

Lalu, Koordinator Lapangan, Sanusi mengutarakan, pelaksanaan penanaman jagung hingga panen raya berkat dukungan dari Dandim 0421/Lampung Selatan.

"Benih jagung yang kita gunakan, jenis advanta baik obat ulat, nutrisi, dosis obatnya harus tepat. Masyarakat atau kelompok tani, diperbolehkan belajar pola tanam. Insyaallah, kedepan berkesinambungan," pungkas Sanusi.

Editor : Heri Fulistiawan

Follow Berita iNews Lamsel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut