get app
inews
Aa Read Next : Pemilihan Muli-Mekhanai Lampung Selatan Tahun 2024 Segera Digelar, Begini Caranya Jika Mau Menang

Mendekati Idul Adha, Sekda Ingatkan Beli Hewan Kurban Bebas PMK

Senin, 04 Juli 2022 | 18:07 WIB
header img
Sekdakab Lampung Selatan Thamrin dalam sebuah apel ASN di lapangan Korpri. Foto: Diskominfo Lamsel

LAMPUNG SELATAN, iNews.id -- Mendekati perayaan hari Idul Adha tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan menghimbau masyarakat agar berhati-hati dalam membeli hewan kurban.

Anjuran tersebut dikeluarkan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan, Thamrin untuk mengantisipasi meluasnya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menjangkiti ternak di berbagai daerah di Indonesia.

Hal itu tentunya tak berlebihan jika melihat sebaran laporan wabah PMK dalam beberapa bulan saja telah menyebar di 19 provinsi dan 218 Kabupaten/Kota.

Berita baiknya, Kabupaten Lampung Selatan adalah salah satu daerah berstatus bebas PMK. Artinya, belum terdapat laporan hewan ternak yang terinfeksi wabah PMK.

"Namun, kita harus tetap waspada dan melakukan langkah pencegahan dan antisipasi agar wabah ini tidak masuk dan menyerang hewan ternak di wilayah Kabupaten Lampung Selatan,” sebut Thamrin dalam apel ASN, Senin (4/7/2022).

Meski begitu, Thamrin meminta agar seluruh pihak bersama dinas terkait tetap melakukan pemeriksaan secara ketat ternak yang keluar masuk dan melakukan vaksinasi PMK terhadap ternak.

Juga, melakukan sosialisasikan kepada masyarakat perihal cara menanggulangi penyebaran penyakit PMK.

“Untuk itu, saya meminta kepada seluruh pihak dan dinas terkait yang tergabung dalam Satgas PMK untuk terus meningkatkan pengawasan terhadap lalu lintas ternak. Baik yang masuk maupun keluar dari wilayah Lampung Selatan,” pinta Thamrin di penghujung.

Editor : Heri Fulistiawan

Follow Berita iNews Lamsel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut