Logo Network
Network

Lagi! Program Babinsa Masuk Dapur Kodim 0421/LS Bedah Rumah Warga di Katibung Lampung Selatan

Yogi Novan Abitama
.
Jum'at, 16 Desember 2022 | 19:21 WIB
Lagi! Program Babinsa Masuk Dapur Kodim 0421/LS Bedah Rumah Warga di Katibung Lampung Selatan
Dandim 0421/LS Letkol Inf Fajar Akhirudin meletakan batu pertama program bedah rumah tidak layak huni di Desa Pardasuka serta pembangunan sumber air untuk masyarakat dan pertanian di Desa Sumber Agung, Katibung, Lampung Selatan.(Foto: Yogi/iNews.id)

LAMPUNG SELATAN, iNewsLamsel.id - Setelah memberikan kunci rumah bantuan Bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) kepada Mbah Ginem di Desa Mulyo Sari, Kecamatan Way Ratai, Kabupaten Pesawaran pada hari Kamis(15/12/2022) kemarin, Komando Distrik Militer (Kodim) 0421/ Lampung Selatan kembali memberikan bantuan bedah rumah kepada Ahyuni warga Dusun Kawat Ngangkang, Desa Pardasuka, Kecamatan Katibung, yang kondisinya sudah tidak layak huni lagi.

Dandim 0421/LS, Letkol Inf Fajar Akhirudin menjelaskan, sasaran bedah rumah warga bermula dari program "Babinsa Masuk Dapur" lalu dilaporkan secara berjenjang ke Danramil sampai pada Komandan Kodim.

"Berdasarkan dari laporan Babinsa yang melaporkan kepada saya, kemudian kita laksanakan kegiatan bedah rumah pada hari ini di Dusun Kawat Ngangkang, Desa Pardasuka, Kecamatan Katibung, Lampung Selatan, "ucap Dandim sebelum prosesi peletakan batu pertama bedah rumah, Jumat (16/12/2022).

Dandim melanjutkan, kegiatan bedah rumah merupakan wujud dari sinergitas semua komponen masyarakat termasuk unsur Forkopimcam.

"Mudah-mudahan, ini juga menjadi semangat untuk meningkatkan semangat gotong-royong diantara kita semua. Dan, disini ada pak Camat, Kapolsek dan Pak Danramil. Dari sini kita sudah melihat, bahwa sinergi yang ada di wilayah tingkat Desa dan Kecamatan ini sudah sangat luar biasa," lanjutnya.

Dandim berharap, mudah-mudahan kegiatan bedah rumah bisa memupuk jiwa pedulian dan gotong royong seluruh lingkungan masyarakat.

"Tentunya, kita semua didukung komponen-komponen yang ada di sini. Mulai dari Camat, Kepolisian dan Desa ramai-ramai membantu menggerakan semua komponen. Karena apa, jika kita bisa bersatu kita bisa kuat. Jadi tidak boleh kita mengutamakan ego sektoral, marilah kita bersama-sama membantu kegiatan bedah rumah," ujarnya.

Dandim mematok target di perayaan tahun baru 2023 rumah itu sudah bisa ditempati. "Untuk targetnya, saya sudah sampaikan dalam sambutan harapannya mudah-mudahan tahun baru pak Ahyuni punya rumah baru, Insya Allah," harap Dandim.

Dandim menyampaikan, mudah-mudahan kegiatan bedah rumah ini bisa memberikan manfaat khususnya kepada si empunya rumah.

"Terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu, kami hanya bisa mendo'akan semoga bedah rumah ini menjadi amal ibadah dan diterima oleh Allah subhanahuwata'ala," tandasnya.

Anggota DPRD Lamsel, Joko Purnomo mengapresiasi, Kodim 0421/LS, Forkopimcam, Kepala Desa dan masyarakat yang telah bergotong-royong untuk kegiatan bedah rumah.

"Kepada Bapak Ahyuni, untuk tetap tabah dan bersabar atas kondisinya kemarin. Bedah rumah ini, juga sebuah anugerah dari Yang Maha Kuasa dan bisa menyatukan orang-orang baik untuk berbuat kepada masyarakat," kata Joko Purnomo asal Fraksi Hanura.

Berkaca dari kegiatan bedah rumah, Joko mengajak, semua pihak bisa memetik hal positif yakni peduli terhadap sesama. "Dan jadikan pembelajaran bagi kita semua, untuk lebih peduli dan memperhatikan masyarakat. Sehingga masyarakat yang kurang mampu, bisa lebih dulu diutamakan," tutup Joko.

Camat Katibung, Firdaus Adam menyampaikan, rasa terimakasih atas bantuan bedah rumah kepada warga Katibung.

"Saya ucapkan terimakasih, telah memberikan perhatian kepada warga Kabupaten Lampung Selatan dan rumahnya dapat direnovasi," singkatnya.

Selain bedah rumah di Desa Pardasuka, Kodim 0421/LS juga membangun Penyediaan Air untuk masyarakat dan pertanian di Desa Tanjung Agung, Kecamatan Katibung, Lampung Selatan.

 

Editor : Heri Fulistiawan

Follow Berita iNews Lamsel di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.