Logo Network
Network

Bupati dan Ratusan Santri di Lampung Selatan Ikuti Upacara Hari Santri Nasional

Heri Fulistiawan
.
Sabtu, 22 Oktober 2022 | 15:44 WIB
Bupati dan Ratusan Santri di Lampung Selatan Ikuti Upacara Hari Santri Nasional
(Foto: istimewa/ Diskominfo Lamsel)

LAMPUNG SELATAN, iNewsLamsel.id - Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan melaksanakan upacara bendera peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2022 di Lapangan Korpri, Pemda Kabupaten Lampung Selatan, Sabtu (22/10/2022).

Upacara yang langsung dipimpin oleh Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto sebagai Inspektur Upacara yang diikuti oleh seluruh Aparatur Sipil Negara, THLS serta para santri Lampung Selatan.

Hari Santri adalah peringatan jasa dan keteladanan para pahlawan secara umum, yakni sebagai momentum mengenang kepahlawanan segenap bangsa Indonesia, bukan hanya satu kelompok tertentu saja.

Saat membacakan sambutan dari Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto mengatakan, peringatan Hari Santri pada tahun 2022 mengangkat tema Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan.

“Maksud tema Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan adalah bahwa santri dalam kesejarahannya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia. Ketika Indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan tidak. Santri dengan berbagai latar belakangnya siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara,” ucap Nanang.

Nanang juga menyampaikan bahwa peringatan Hari Santri bukanlah milik santri semata, hari santri adalah milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air, milik mereka yang memiliki keteguhan dalam menjunjung nilai-nilai kebangsaan.

“Karena itu, saya mengajak semua masyarakat Indonesia, apapun latar belakangnya, untuk turut serta ikut merayakan Hari Santri. Merayakan dengan cara napak tilas perjuangan santri menjaga martabat kemanusiaan untuk Indonesia,” ujarnya.

Diakhir sambutannya, Nanang mengungkapkan, melalui momen Upacara Peringatan Hari Santri Tahun 2022 ini, agar bersama-sama mendoakan para pahlawan terutama dari kalangan ulama, kiai, santri yang telah syahid di medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama.

“Semoga arwah para pahlawan bangsa ditempatkan yang terbaik di sisi Allah subhanahu wa ta’ala. Amin,” pungkasnya.

Editor : Heri Fulistiawan

Follow Berita iNews Lamsel di Google News

Bagikan Artikel Ini