get app
inews
Aa Read Next : Menang dengan Skor 3-2 atas Vietnam, Timnas Indonesia U-19 Lolos ke Piala Asia U-20 2023

Ada Sandy Wals dan Jordi Amat, Ini 5 Pemain Naturalisasi Yang Dipanggil Shin Tae Yong Untuk Perkuat

Jum'at, 09 September 2022 | 18:55 WIB
header img
(Marc Klok)

JAKARTA,iNewsLamsel.id - Daftar pemain naturalisasi yang dipanggil Shin Tae Yong menarik untuk diulas. Sebelum menjajaki Piala Asia 2023, Timnas Indonesia tak lama lagi akan menjalani FIFA Matchday pada akhir September 2022 mendatang.

Timnas Indonesia akan bertanding Curacao pada 24 dan 27 September 2022 di Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) dan Jakarta International Stadium (JIS).

Curacao adalah bagian dari CONCACAF yang saat ini berada di peringkat 84 FIFA. Untuk itu, pelatih Shin Tae-yong telah berupaya keras dalam meracik skuat yang benar-benar kuat.

Terlebih, Indonesia berpeluang masuk grup neraka di Piala Asia 2023 mendatang. Salah satu upaya yang dilakukan Shin Tae-yong dalam meramu tim adalah memanggil sejumlah pemain naturalisasi.

Lantas, siapakah pemain naturalisasi yang bakal mewarnai skuat Tim Garuda?

Berikut adalah 5 pemain naturalisasi yang akan jadi andalan Shin Tae-yong di FIFA Matchday atau di Piala Asia 2023 mendatang.

 

1. Marc Klok

Setelah tampil lumayan di Kualifikasi Piala Asia 2023 lalu, pemain naturalisasi asal Belanda yang kini membela Persib Bandung, Marc Klok, diyakini akan kembali dipanggil Shin Tae-yong.

Khususnya untuk memperkuat Timnas Indonesia di FIFA Matchday dan Piala Asia 2023. Di Kualifikasi Piala Asia 2023 beberapa waktu lalu, Marc Klok bisa dibilang tampil cukup militan.

Terutama dalam membantu menjaga pertahanan Timnas Indonesia. Mantan pemain Persija Jakarta itu memainkan peran penting dalam usaha skuad Garuda membangun serangan.

Bahkan, Marc Klok menjadi aktor krusisal dalam kemenangan mengejutkan Timnas Indonesia atas Kuwait lantaran turut menyumbangkan gol.

 

2. Stefano Lilipaly


Kapten Bali United Stefano Lilipaly (tengah) diapit dua pemain Ceres Negros pada matchday ketiga Piala AFC di Rizal Memorial Stadium, Manila, Rabu (11/3/2020) malam. (Foto: Bali United)

Stefano Lilipaly juga menjadi salah satu pemain naturalisasi yang diyakini bakal menjadi andalan Shin Tae-yong di Piala Asia 2023.

Dalam Kualifikasi Piala Asia 2023, Shin Tae-yong telah menunjukkan kepercayaan kepada Lilipaly. Ia sempat jadi starter saat Timnas Indonesia menang atas Kuwait dengan skor 2-1.

Meski belum berkontribusi langsung terhadap gol Timnas Indonesia, Lilipaly diyakini masih akan mendapat tepat dari Shin Tae-yong di Piala Asia 2023.

3. Sandy Wals


(Foto: Instagram)

Sandy Walsh adalah pemain asal Belgia yang masih menyelesaikan proses naturalisasi. Sandy Walsh diharapkan tersedia membela Timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

Kehadiran Sandy Walsh jelas telah dinantikan langsung Shin Tae-yong. Pasalnya, pelatih asal Korsel mengajukan sendiri nama pemain KV Mechelen untuk dinaturalisasi.

Sandy yang berpengalamannya membela klub-klub Eropa, diyakini akan menjadi andalan Shin Tae-yong di lini pertahanan Timnas Indonesia.

 

4. Shayne Pattynama


Calon pemain Timnas Indonesia Shayne Pattynama disamakan dengan legenda AC Milan. (Foto: Instagram/s.pattynama)

Sama seperti Sandy Walsh, Shayne Pattynama juga menjadi calon punggawa Timnas masih dalam proses naturalisasi.

Pemain asal Belanda itu diyakini dapat menjadi opsi Shin Tae-yong untuk memperkuat Timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

Kehadiran Shayne Pattynama diharapkan membuat Timnas Indonesia makin kuat. Pasalnya, pemain berusia 24 tahun itu memang punya kualitas yang apik dalam permainan.

Ia telah malang-melintang membela klub-klub Eropa, seperti FC Utrecht hingga kini bernaung di Viking FK.

 

5. Jordi Amat


Eks bek Espanyol Jordi Amat ngebet perkuat Timnas Indonesia. Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri angkat bicara terkait hal tersebut. (Foto: Instagram/jordiamat5)

Terakhir, ada nama Jordi Amat yang statusnya sama dengan Shayne Pattynama dan Sandy Walsh, yakni masih dalam proses naturalisasi.

Jordi Amat diyakini akan menjadi andalan Shin Tae-yong di Timnas Merah Putih. Khususnya dalam mengawal lini pertahanan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Sebab, Jordi Amat memiliki pengalaman apik dalam dunia sepak bola.

Kini, ia bermain di klub Belgia, KAS Eupen. Jordi Amat sebelumnya juga tercatat pernah membela sejumlah klub di Spanyol, seperti Espanyol, Rayo Vallecano, hingga Real Betis. Bahkan ia pernah bermain untuk tim Liga Inggris, Swansea City.

Editor : Heri Fulistiawan

Follow Berita iNews Lamsel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut